(Gorontalo, 15 Oktober 2024) Pelaksanaan asesmen yang berpusat pada peserta didik; pengelolaan emosi dalam menjalankan peran sebagai pendidik; interaksi aktif dan empatik terhadap peserta didik; latar belakang sosial, budaya, agama dan ekonomi yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik; dan penggunaan strategi untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik merupakan 5 sub indikator kompetensi guru dengan capaian terendah di Provinsi Gorontalo (Sumber data : Dashboard refleksi kompetensi Kemdikbud Ristek Juni 2024)
Hasil survey kompetensi guru se-Provinsi Gorontalo tahun 2024 menunjukkan perlunya peningkatan kompetensi guru dalam penerapan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Berdasarkan data diatas, BGP Provinsi Gorontalo telah mengembangkan model pelatihan PKB Guru untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Tahap akhir pengembangan model PKB guru adalah penyusunan modul pelatihan PKB yang diikuti 30 orang pada tanggal 15 s.d. 17 Oktober 2024 bertempat di Hotel Fox Gorontalo. Kegiatan ini menghadirkan guru besar, dosen Kegiatan-kegiatan praktisi bidang pengembangan model, penyusunan modul, evaluasi dan analisis data pelatihan, ahli tata bahasa modul pelatihan, fasilitator program prioritas dan guru yang telah menggunakan strategi untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.