PENGUATAN GURU PAUD MELALUI BIMTEK

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tahap pendidikan anak usia dini adalah tahap penting bagi pembentukan fondasi dari berbagai kemampuan dasar anak sehingga masa anak usia dini adalah masa penting dalam perkembangan anak. Salah satu upaya penguatan kompetensi guru PAUD yang dilakukan oleh Dirjen guru PAUD dan Dikmas adalah program diklat berjenjang bagi guru PAUD.

Direktorat Guru PAUD dan Dikmas mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penanggung Jawab Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Berjenjang di Jakarta. Sebanyak 126 LPD menghadiri kegiatan ini di Novotel Mangga Dua Jakarta. BGP yang diwakili PTP menghadiri pelaksanaan bimtek sejak tanggal 26-28 Maret 2024.

Prof. Dr. Sofie Hartati, M.Si., Ketua Asosiasi PG PAUD Indonesia menginformasikan kepada para peserta bahwa terdapat beberapa mata kuliah yang harus diikuti oleh Guru PAUD yang mengikuti RPL. “Beberapa mata kuliah harus diikuti oleh mahasiswa RPL karena ada mata kuliah penting yang harus diikuti dan tidak bisa di RPL kan”.

Diklat berjenjang sendiri memiliki kekhasan yaitu menggandeng peran serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam peningkatan kompetensi pendidik PAUD melalui lembaga penyelenggara diklat. Lembaga penyelenggara diklat dapat berasal dari berbagai latar belakang mulai dari organisasi profesi, LPTK, dan UPT dilingkungan Ditjen GTK (B/BGP). Peningkatan kapasitas penanggungjawab lembaga penyelenggara diklat diperlukan sebagai salah satu sarana pembinaan yang dilakukan oleh Direktorat Guru PAUD dan Dikmas dalam menjamin mutu pelaksanaan diklat berjenjang. (tp)

Tim Informasi dan Publikasi BGP Gorontalo.