Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Harapannya merdeka mengajar menjadi suatu referensi bagi guru dalam mengembangkan praktik mengajar.
Menindaklanjuti kebutuhan belajar tersebut Pokja IKM dan tim BGP provinsi Gorontalo yang dinakhodai Badriyah Baderung melaksanakan Pendampingan Optimalisasi Pemanfaatan PMM di Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum Merdeka jenjang PAUD/TK, SD, SMP dan PKBM diwilayah Kabupaten Pohuwato yang tersebar di 13 kecamatan (Paguat, Marisa, Buntulia, Dengilo, Duhiadaa, Patilanggio, Taluditi, Randangan, Wanggarasi, Lemito, Popayato, Popayato Barat dan Popayato Timur). Hasil yang diharapkan dari pendampingan ini agar PTK memahami pentingnya platform merdeka mengajar untuk mengukur capaian belajar siswa selain itu PTK dapat mengetahui, memahami dan mampu mengakses PMM dengan menggunakan fitur-fitur di dalamnya untuk menyusun bahan ajar.
Pendampingan optimalisasi pemanfaatan PMM (Pendidikan Merdeka Merdeka) di Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum Merdeka merupakan langkah penting dalam mengakselerasi transformasi pendidikan di Indonesia. PMM menjadi landasan bagi inovasi pendidikan, memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan untuk menyesuaikan kurikulum sesuai kebutuhan lokal dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif. Dengan mengimplementasikan pendampingan yang terarah dan holistik, satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka dapat memaksimalkan potensi PMM untuk mencapai pendidikan yang inklusif, relevan, dan memberdayakan. (tp)
Pokja Informasi dan Publikasi BGP Provinsi Gorontalo.