Monitoring dan Evaluasi Pendampingan Individu Ke 6 (PI-6) Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Reguler di Provinsi Gorontalo

Salah satu tahapan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah pendampingan individu. Pendampingan individu adalah proses coaching dan mentoring Pengajar Praktik (PP) kepada Calon Guru Penggerak (CGP). Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru sebagai bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar. Pendampingan individu (PI) dilaksanakan selama kurun waktu 1 minggu sebelum dilaksanakannya lokakarya. Pendampingan Individu merupakan sebuah pengawalan kegiatan CGP yang dilakukan oleh PP dalam mengimplementasikan program merdeka belajar. Pendampingan individu bertujuan untuk membantu CGP menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya.

Sejalan dengan itu sejak tanggal 05 s.d 09 November 2023 BGP Provinsi Gorontalo melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pendampingan Individu Keenam (PI-6) Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Reguler di Provinsi Gorontalo di 3 wilayah kabupaten provinsi Gorontalo masing-masing kabupaten Gorontalo, kabupaten Bone Bolango dan kabupaten Boalemo.

Tujuan PI-6 adalah Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan

  • Persiapan panen hasil belajar
  • Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360)
  • Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi
  • Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga sekolah

Dalam meningkatkan mutu pendidikan guru sebagai pemimpin pembelajaran bertanggungjawab untuk mengembangkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di kelas dan sekolah. Pasti kita sedikit tergelitik dengan sebuah pertanyaan, apa sebenarnya peran dan nilai dari seorang guru penggerak? Calon Guru Penggerak (CGP) harus mampu menginternalisasikan peran dan nilai yang melekat pada dirinya.  Peran CGP, yakni menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Semua harus  didorong agar para peserta didik dapat tumbuh secara holistik. Selanjutnya, dalam melaksanakan perannya CGP harus berpijak pada 5 (lima) nilai, yakni, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif, dan berpihak pada murid. (tp)

Pokja Informasi dan Publikasi Balai Guru Penggerak Provinsi Gorontalo.